
Pagar Alam, Humas
Peran tim humas sangat penting dalam menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah, jumlah berita yang terekspos bisa berimplikasi pada pemahaman masyarakat akan potret pelaksana kebijakan publik dan pelayanan publik di MAN 1 Pagar Alam.Hal tersebut disampaikan Kepala MAN 1 Pagar Alam Hj Neliana,S.Ag MM saat memantau kinerja tim humas.Sabtu, (11/05)
Humas teruslah menulis berita serta mengikuti perkembangan penulisan berita, dan jangan lupa, masyarakat juga suka pada informasi yang dikemas dalam konten yang menarik, simple, satu klik tersaji semua rangkuman informasi seperti infografis.” Katanya
Fungsi humas Kementerian Agama meliputi dua aspek yakni pada aspek publikasi untuk menyampaikan kebijakan dan program, promosi capaian kenerja,merespon isu publik di media, masyrakat dan stakeholers serta memfasilitasi dialog dengan publik. Sedangkan pada sisi feedback menyerap aspirasi masyarakat,memantau isu di media, masyarakat dan stakeholders, analisis isu setreategis serta memberikan masukan pada pimpinan dalam mengambil keputusan.
Visi humas Kementerian Agama adalah terciptanya pengelolahan humas yang proposional, professional, efektif dan efesien dalam mendukung perinsip-prinsip tata kelolah Kementerian agama yang baik, hal ini tidak lepas dari peran penting humas kementerian agama yang meliputi : 1. Menyosialisasikan kebijakan dan program kementerian agama. 2. Membangun citra dan reputasi positif kementerian agama 3. Menampung dan mengolah aspirasi masyarakat Pentingnya aparatur humas untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Sebab kini muncul trend penggunaan informasi teknologi (IT) dalam menjalankan fungsi kehumasan. Sehingga aparatur humas harus terus memperbaiki kompetensi individu baik dibidang kehumasan maupun perkembangan informasi teknologi terkini.” Ujarnya
Selain itu di MAN 1 Pagar Alam sudah ada Pelayanan Terpadu satu Pintu (PTSP) Apapun keperluan hanya sampai depan saja. Tidak diperbolehkan masuk ruangan. Ini sudah tidak diperbolehkan lagi, mencegah perbuatan menyimpang seperti praktik pungli, suap dan lainnya yang bias merusak citra kementerian Agama.” Tambahnya
Dalam memberikan pelayanan, petugas PTSP MAN 1 Pagar Alam harus memberikan pelayanan terbaik dan prima, salah satunya menyambut tamu dengan baik dan ramah, tanya keperluan tamu, berikan senyuman terindah.Madrasah Mandiri dan Berprestasi.” Tutupnya.(ic18js)